Monday, September 2, 2013

Kason Twister C7 (Cai Yun) - Badminton Racket Review (Update 28 July 2014)


--For English reader, you guys can try to translate it using Google Translate, i used proper Indonesian language so i thought it was no so much problem for Google Translate to translate it.

Di bawah ini spec campuran, dalam arti ada spec asli dari gambar di atas, ada spec dari sumber-sumber lain :

Kason Twister C7 (Cai Yun) Spec
Flexibility : Medium
Frame Shape : Isometric (sumbe lain)
Frame : Thin I-Shaped Frame, Ultra-Thin HM Carbon Fibre (sumber lain)
Shaft : HM Carbon Shaft, Low Torsion Angle Design (sumber lain)
Weight : 3U (85-89g)
Total Length : 675mm
Grip Size : G5
Grip Length : 210mm
Tension : Main 24-26 lbs, Cross 26-28 lbs
Balance Point from Grip End : 290-300mm

Dari spec tentu hampir mirip dengan Kason C9 bukan ? Perbedaannya hanya di range Balance Point saja dan Grip Length nya.

Review saya pertama kali post ini dibuat dengan yang sekarang sangat jauh berbeda, pertama kali hampir tidak ada isinya hahaha dan kebetulan playing style saya sudah berubah dari yang dulu dengan yang sekarang. Dulu pakai yang Stiff dan agak head heavy terasa berat dan tidak cocok, sekarang malah lebih cocok dari medium - stiff dan agak head heavy.

Kenapa sekarang saya bisa review lebih jelas dari sebelumnya ? Karena beberapa hari ini saya ada pinjam lagi 3 raket yang dia punya, Kason F9, Kason N7 dan yang terbaru Lining N90-IIS. Karena saya berniat membeli Lining N55-II maka dari itu saya pinjam raketnya untuk saya pelajari biar tidak salah membeli raket mana yang cocok dengan saya.

Review ini berdasarkan pengalaman saya bermain dengan gaya permainan dan skill saya, setiap orang memiliki gaya permainan yang berbeda-beda. Tapi saya akan memberikan opini saya seakurat mungkin. Comment ditunggu ya...

Attack
Sebelum review saya ingin memberitahu kalau raket utama yang biasa saya pakai adalah Astec Corona 5000, maka dari itu raket Kason ini akan sering saya bandingkan dengan Astec Corona.

Biasanya attacking saya akan menilai smashnya dulu, untuk smash raket ini tidak mengecewakan, smashnya cukup bertenaga, cocok dengan saya, tidak seperti F9 yang kurang menggigit.

Untuk drop shot raket ini juga bagus, penempatan bola bisa tipis di depan Net. Dan untuk mengarahkan drop shot juga bisa, raket ini mirip dengan Astec Corona 5000.

Defense
Untuk lob pakai raket ini bisa lebih jauh ke belakang, sama seperti pakai Astec Corona 5000.

Untuk bertahan dari smash cukup bagus, kembaliin bola bisa sampai ke belakang. Hampir sama seperti Astec Corona 5000

Control
Untuk netting cukup bagus, pakai raket ini tidak ada masalah untuk netting atau netting silang, karena semua feelnya hampir sama kayak Astec Corona 5000, makanya pas saya pakai raket ini cepat nyetel jadi satu dengan raketnya.

Looks
Warna putih dominan dengan campuran beberapa warna lain.

Kesimpulan
Raket ini nyetel dengan gaya permainan saya, mirip dengan Astec Corona 5000 tetapi jika disuruh membeli raket ini maka saya harus berpikir dua kali.

Jika tidak ada yang istimewa dari raket ini kenapa saya harus beli ? sedangkan saya bisa dapat hasil yang sama dari Astec Corona 5000 ?

Raket dengan harga yang mahal tentu harus ada sesuatu yang istimewa diberikan dari raket yang murah tapi saya belum ketemu yang istimewa itu dari raket ini.

Rating Kason C7 mungkin masih kalah dari Astec Corona 5000 karena mungkin saya masih jarang sekali pakai ini, jadi masih belum tahu kualitasnya lebih dalam bagaimana.

Rating untuk raket ini (dapat berubah sewaktu-waktu tergantung perbandingan dengan raket lain dan feeling kemudian hari) :
Smash Power : 7
Clear Power : 7.5
Drive Accuracy : 7.5
Control : 8
Maneuverability :7.5
Looks : 7
Vibration Dampending : 7
Sweet spot size : Good

Ideal For : Both ( Single and Double)
Play Style : All Around

Racket Performance
Power : Average+
Defense : Average+

Racket Durability
Frame : Good
Paint : Good
Shaft : Good

Legend:
poor- = 5.5-5.9
poor  = 6
poor+ = 6.1-6.5
average- = 6.5-6.9
average = 7
average+ = 7.1-7.5
good- = 7.5-7.9
good  = 8
good+ = 8.1-8.5
excellent- = 8.5-8.9
excellent  = 9
excellent+ = 9.1-9.5

Semoga bermanfaat
Be Mindful

No comments:

Post a Comment