Monday, September 2, 2013

Apacs Nano 9900 Power Part 1 - Badminton Racket Review


--For English reader, you guys can try to translate it using Google Translate, i used proper Indonesian language so i thought it was no so much problem for Google Translate to translate it.

Dari official website Apacs (www.apacssports.com) juga tidak ada specnya untuk raket ini, kemungkinan spec nya adalah :

Model : Nano 9900 Power
Frame Material : Hi Modulus Graphite
Shaft Material : Hi Modulus Graphite + Fullerene
Flex : Medium
Weight : 84 - 86g
Length : 675 mm
Max Tension : 30 lbs
Balance : 282 - 288 mm
String : Yonex BG80 Power, H: 28lbs, V: 26lbs (Manual String)

Raket ini saya beli 430.000 belum termasuk senar, saya senar dengan BG 68TI (Titanium), tension H: 26 V: 24, grip ukurannya mungkin G5, pas raketnya dicoba ternyata saya lupa ganti grip. Dengan menggunakan tension tersebut kurang bagus, senarnya kurang kencang tarikannya, saya pakai smash senarnya jadi melebar dan pantulannya (repulsion) tidak seperti BG 80P yang saya pakai di raket Toalson Timax Power 2000 XT.
(Review Toalson : Toalson Timax Power 2000 XT)

Saya liat graphic di belakang bungkusan senar BG 80P dan BG 68TI, specnya hampir sama, repulsion power sama, cuman beda 1 aspek tapi saya lupa beda di mana.

Jadi saya pikir kenapa raket ini tidak enak dipakai karena mungkin tarikannya kurang kencang. Tapi menurut saya untuk drop shot malah lebih bagus, pantulannya tidak kelebihan jadi pas depan net, untuk smash juga kurang sip, kalau untuk netting juga kurang bagus.

Untuk meyakinkan kalau pantulan/repulsionnya kurang mantap saya sengaja practice netting dengan raket baru ini tapi hasilnya memang pantulannya kurang jadi sering tidak sampai ke daerah lawan.

Untuk lob saya rasa tidak ada perbedaannya di sini, tarikan raket ini 26/24 dengan toalson 28/27 sama saja, di beberapa artikel menjelaskan kalau tarikan semakin rendah maka power kita bertambah tapi saya rasa kok sama ya ?? ada yang tau ?

Jadi kesimpulannya BG 80P dan BG 68Ti tidak jauh berbeda, tetapi tarikannya yang membedakan.

Karena saya pikir tarikannya yang bermasalah maka saya ganti senar ke BG 80P lagi dengan tarikan 28/26, tidak berani coba-coba dengan senar BG 68Ti lagi, walaupun dipikir memang masalahnya di tarikan tetapi siapa yang mau coba lagi, nanti takutnya 80rb melayang lagi =D

Continue Part 2

Semoga bermanfaat
Be Mindful

2 comments:

  1. bro, raket apacs yang ini masih punya ga?? saya beli gmna??

    ReplyDelete
  2. masih ada.. tapi saya belum berniat menjualnya bro.. hehehe, kok bisa tertarik bro ?

    ReplyDelete