Wednesday, January 15, 2014

Tinta Infus Printer Tidak Mengalir

--For English reader, you guys can try to translate it using Google Translate, i used proper Indonesian language so i thought it was no so much problem for Google Translate to translate it.

Saat saya membeli printer Canon dengan dimodifikasi dengan tinta infus sudah 2 kali saya bolak balik ke toko printernya untuk memperbaiki aliran tinta yang tidak mengalir dengan benar.

Pertama kali hasil print kabur, saya tidak tahu apa penyebabnya, saya mau membuka penutup printer tidak berani karena sudah dilakban-lakban dari toko komputernya, tidak berani membuka takut tidak bisa membuat yang bagus seperti sebelumnya. Jadi akhirnya saya bawa printer ke toko dengan komplain hasil print kabur, ternyata toko tersebut bilang bahwa tintanya tidak ngalir.

Kedua kalinya terjadi lagi seperti itu tetapi kali ini saya tahu kemungkinan tinta tidak mengalir maka saya buka tutup printer, saya melihat tinta tidak mengalir sampai catridge jadi ada bagian selang yang kosong. Akhirnya saya bawa lagi ke tokonya, sambil coba-coba tanya Mba yang jaga toko gimana sih caranya kalau tinta tidak mengalir lagi ? tetapi Mba nya cuman berkata nanti dibawa lagi aja kesini. Masalahnya ternyata karena tinta tidak mengalir lagi, jika terjadi seperti ini lagi akan dikenakan charge 50.000 rupiah. Waahh.. cuman gara-gara tinta didak mengalir kita harus merogoh kocek 50.000 ? Gak banget yaaa ? Sudah bayar 50.000 kita harus ke tokonya yang tidak dekat pula.

Tinta tidak mengalir dapat dilihat dari kondisi selang apakah selang terisi oleh tinta atau tidak, cek selang dari tabung ke catridge, apakah ada bagian selang yang kosong ? kadang selang di luar printer keliatan penuh tetapi selang yang berada di dalam printer tinta tidak sampai ke catridge printer.

Solusi mengatasi tinta infus tidak mengalir :
  1. Cek selang infus mulai dari tabung tinta di luar printer hingga ke catridge, adakah celah yang terbuka atau tidak tertutup rapat. Cek sambungan antara selang tinta dan catridge, biasanya dipasang semacam karet, kadang karet tersebut terlepas dan jatuh ke dalam catridge sehingga selang tidak tersambung rapat dengan catridge. Jika ragu ada celah atau tidak, tekan lagi mata selang yang tersambung ke catridge untuk merapatkan lagi, jangan sekali coba-coba untuk mencabut mata selang di catridge jika bukan ahli dalam bidangnya.
  2. Cek penutup tabung tinta, ada dua penutup yang kecil (biasa berada di atas) dan besar (biasa berada di tengah-tengah tabung). Yang besar biasanya digunakan untuk mengisi tinta, jangan menunggu tabung tinta benar-benar habis baru diisi, isi-lah tinta sebelum tinta benar-benar habis. Yang kecil biasanya digunakan untuk mengontrol aliran udara dalam tabung. Bukalah penutup yang kecil jika ingin melakukan print, jika sudah selesai tutuplah kembali penutup yang kecil untuk menghindari udara masuk.
  3. Langkah terakhir lakukan Deep Clean untuk menghilangkan udara dalam selang sehingga tinta dapat mengalir ke catridge. Lakukan langkah ini beberapa kali jika tinta belum mengalir sampai catridge.

Selamat Anda sudah menghemat 50.000 (harga bervariasi di kota-kota yang lain) =D

Semoga bermanfaat
Be Mindful

No comments:

Post a Comment