Monday, September 2, 2013

Kason Twister F9 (Fu Haifeng) - Badminton Racket Review (Update 28 July 2014)


--For English reader, you guys can try to translate it using Google Translate, i used proper Indonesian language so i thought it was no so much problem for Google Translate to translate it.

Di bawah ini spec campuran, dalam arti ada spec asli dari gambar di atas, ada spec dari sumber-sumber lain :

Kason Twister F9 (Fu Haifeng) Spec
Flexibility : Medium
Frame Shape : Isometric
Frame : Power-Axe Hexagon Frame, Ultra-Thin HM Carbon Fibre
Shaft : HM Carbon Shaft, Low Torsion Angle Design
Weight : 3U (85-89g)
Total Length (frame tip - handle end) : 675mm
Grip Size : G5
Grip Length : 200mm
Recommended String Tension : Main 24-26 lbs, Cross 26-28 lbs
Balance Point from Grip End : 290-295 mm

Raket ini dipakai pemain China Men Double, Fu Haifeng. Raket ini tergolong high end dengan harga sekitar 1.3 juta IDR.

Saya pinjam raket ini dari saudara sepupu saya, dia membeli sekaligus 1 paket yaitu Kason Twister F9 (Fu Haifeng) dan Kason Twister C7 (Cai Yun).

Review saya pertama kali post ini dibuat dengan yang sekarang sangat jauh berbeda, pertama kali sangat minim sekali reviewnya dan playing style saya sudah berubah dari yang dulu dengan yang sekarang. Dulu pakai yang Stiff dan agak head heavy terasa berat dan tidak cocok, sekarang malah lebih cocok dari medium - stiff dan agak head heavy.

Kenapa sekarang saya bisa review lebih jelas dari sebelumnya ? Karena beberapa hari ini saya ada pinjam lagi 3 raket yang dia punya, Kason F9, Kason N7 dan yang terbaru Lining N90-IIS. Karena saya berniat membeli Lining N55-II maka dari itu saya pinjam raketnya untuk saya pelajari biar tidak salah membeli raket mana yang cocok dengan saya.

Review ini berdasarkan pengalaman saya bermain dengan gaya permainan dan skill saya, setiap orang memiliki gaya permainan yang berbeda-beda. Tapi saya akan memberikan opini saya seakurat mungkin. Comment ditunggu ya...

Attack
Biasanya attacking saya akan menilai smashnya dulu, untuk smash tidak bisa dibilang bagus sekali, saya lebih cocok smash pakai Kason C7 dibanding Kason F9 ini. Saya juga tidak tahu kenapa smash pakai raket ini tidak begitu menggigit, padahal spec F9 dengan C7 tidak jauh berbeda, hanya head heavy saja yang beda, C7 range head heavy nya lebih tinggi, tetapi saya ada raket yang medium even balanced malah lebih mantap.

Mungkin kalian pikir karena belum terbiasa pakai tapi kenapa saya pakai C7 bagus-bagus saja ? Saya juga baru testing C7 nya lagi :).

Defense
Untuk lob pakai raket ini bisa lebih jauh ke belakang, sama seperti pakai Astec Corona 5000, tidak ada yang spesial.

Untuk bertahan dari smash cukup bagus, kembaliin bola bisa sampai ke belakang. Hampir sama seperti Astec Corona 5000

Control
Untuk netting cukup bagus, seharusnya raket ini bisa mensupport untuk netting yang bagus tetapi waktu saya coba beberapa kesempatan untuk netting silang masih gagal. Mungkin butuh beberapa kali pakai baru bisa merasakan feelingnya.

Looks
Model dan warnanya cukup bagus, dengan warna merah tetapi sayang merahnya tidak terlalu terang.

Kesimpulan
Jika disuruh beli raket ini, maka saya lebih memilih membeli raket Kason C7 (Cai Yun).

Rating untuk raket ini (dapat berubah sewaktu-waktu tergantung perbandingan dengan raket lain dan feeling kemudian hari) :
Smash Power : 7
Clear Power : 7.5
Drive Accuracy : unknown
Control : 7
Maneuverability : unknown
Looks : 7

Vibration Dampending : 7
Sweet spot size : Good

Ideal For : Both ( Single and Double)
Play Style : All Around

Racket Performance
Power : Average
Defense : Good-

Racket Durability
Frame : Good
Paint : Good
Shaft : Good

Legend:
poor- = 5.5-5.9
poor  = 6
poor+ = 6.1-6.5
average- = 6.5-6.9
average = 7
average+ = 7.1-7.5
good- = 7.5-7.9
good  = 8
good+ = 8.1-8.5
excellent- = 8.5-8.9
excellent  = 9
excellent+ = 9.1-9.5

Semoga bermanfaat
Be Mindful

No comments:

Post a Comment