Friday, August 8, 2014

Lining Woods N80 - Badminton Racket Review

Lining Woods N80
Frame of Power and Speed
Lining Woods N80 Full
Lining Woods N80 Frame


Lining Woods N80 T-Joint
Lining Woods N80 Shaft

Lining Woods N80 Grip Bawah


Lining Woods N80 Official Spec
Flex: Medium
Material: Military Grade Carbon Fiber
Color: Gold
Weight: 85 - 89gr (3u)
Grip Size: S2 (Extra Small)
Grip Length: 200mm
Length: 675mm
Balance Point: 295mm
Tension: H: 26 - 30 lbs, V: 24 - 28 lbs
String: Yonex BG66 Ultimax
Grip: Karakal Tribal
Include 3D Breakfree Technology
Player: Jan Ø. Jørgensen, Xu Chen

--For English reader, you guys can try to translate it using Google Translate, i used proper Indonesian language so i thought it was no so much problem for Google Translate to translate it.

Akhirnya saya membeli raket yang high end juga, tidak pinjam - pinjam sepupu lagi hehehe.
Pertama kali pakai raket ini sudah cukup nyetel, feelingnya agak dapat walaupun belum 100% klop.
N80 kalau di chartnya lumayan di ujung menuju repulsion power tetapi masih kalah dari N90 sama N55-II dalam kategory mega power.

Okay saya langsung saja ya...

Review ini berdasarkan pengalaman saya bermain dengan gaya permainan dan skill saya, setiap orang memiliki gaya permainan yang berbeda-beda. Tapi saya akan memberikan opini saya seakurat mungkin. Comment ditunggu ya...

Attack
Seperti biasa kalau attacking saya langsung menilai smashnya dulu, untuk smash raket ini ada powernya dan lebih kencang dari Astec Corona 5000 yang biasa saya pakai, teman dan sepupu saya juga bilang smashnya saya lebih kencang dan cepat. Setelah memakai raket ini beberapa kali ternyata pakai raket ini jika tepat di sweetspot maka power dan kecepatannya luar biasa. Jika pukul sembarangan kekuatannya tidak begitu mantap. Secara tidak langsung raket ini memaksa kita untuk bermain benar dan tepat.

Sekarang saya memakai raket ini sudah ketemu bagaimana smash yang cukup baik dan cukup benar, masalahnya hanya bagaimana cara memegang raket yang tepat saat smash, liat video - video di internet mungkin banyak membantu, salah satu video yang cocok dengan saya : Badminton Smash Skill (1) How to Grip the Raquet

Untuk smash berkali-kali pun tidak terlau capai tidak seperti N90, karena Balance Point nya yang hanya 295mm membantu kita untuk bisa smash berkali-kali. Ini salah satu alasannya kenapa saya memilih raket ini di banding N90 / N90 II / N90III yang notabene Balance Point nya di atas 300mm. Walaupun di chart sebenarnya N80 lebih head heavy daripada N90 tapi kenyataannya N80 tidak seberat N90.

Karena raket ini termasuk tipe repulsion power menurut chart jadi kita tidak begitu perlu untuk mengayun wrist, biasanya kalau pakai Astec Corona 5000 jika saya terima service dan mau mengembalikan cock di depan Net maka saya lebih mengayunkan wrist tetapi pakai Lining N80 malah jadi banyak out jika ditambah ayunan wrist lagi. Jadi cukup lebih menahan bola untuk netting.

Kalau untuk dropshot mantap, pakai sekali raket ini saya lebih sering melakukan dropshot dibanding sebelumnya dan penempatan dropshot pun bagus.

Defense
Untuk defend masih belum begitu nyetel walaupun sudah beberapa kali main. Saya ngerasa pakai raket ini Lob saya bisa lebih jauh, defend backhand untuk taruh bola di depan net cukup rendah di atas net.

Control
Untuk netting lebih tidak menggunakan ayunan wrist, lebih condong pakai tipe menahan bola karena memang raket ini repulsion powernya sudah mantap. Netting saya rasa raket ini tidak menjadi masalah, cuman waktu pakai raket ini belum keluar netting-netting yang dasyat.

Netting silang pakai raket ini pun juga bagus, pertama kali pakai ini memang gagal terus tetapi sekarang netting silang sudah bisa.

Looks
Model dan perpaduan warna bagus, saya suka dengan perpaduan warna Gold dan Silver.

Kesimpulan
Raket ini lebih mahal dari Kason Twister C7 tetapi memang dari segi performa lebih bagus ini dibanding Kason C7. Menurut saya harga dibanding performa dan kualitas raket ini tidak begitu rugi, tapi memang harganya cukup mahal.


Rating untuk raket ini (dapat berubah sewaktu-waktu tergantung perbandingan dengan raket lain dan feeling kemudian hari) :
Smash Power : 10
Clear Power : 8
Drive Accuracy :9
Control : 9
Maneuverability :9
Looks : 8
Vibration Dampending : 9
Sweet spot size : Good

Ideal For : Single but Double still good.
Play Style : Offense Oriented Play Style, Aggressive Smashing and Solid Defense (Mega Power Series)

Racket Performance
Power : Excellent
Defense : Good

Racket Durability
Frame : Excellent
Paint : Excellent
Shaft : Excellent

Legend:
poor- = 5.5-5.9
poor  = 6
poor+ = 6.1-6.5
average- = 6.5-6.9
average = 7
average+ = 7.1-7.5
good- = 7.5-7.9
good  = 8
good+ = 8.1-8.5
excellent- = 8.5-8.9
excellent  = 9
excellent+ = 9.1-9.5

Semoga bermanfaat
Be Mindful

2 comments:

  1. Saya juga puas dgn power raket ini. Cocok buat saya yg tenaga pas pasan... lob tetep bisa walau lelah... kalau mo nambah koleksi baiknya apa ya... n90 iii. N80 ii. N50 iii.....

    ReplyDelete
  2. Saya juga puas dgn power raket ini. Cocok buat saya yg tenaga pas pasan... lob tetep bisa walau lelah... kalau mo nambah koleksi baiknya apa ya... n90 iii. N80 ii. N50 iii.....

    ReplyDelete